Museum Lampung, Melihat Sejarah Lampung


Museum Lampung adalah salah satu  museum yang berada di Lampung. Museum ini berlokasi di Jl. Zainal Arifin Pagar Alam No. 64, Gedung Meneng, Bandar Lampung. Letak museum ini sangat strategis karena tidak jauh dari pusat kota Bandar Lampung, yakni hanya 15 menit perjalanan.

Museum Lampung mulai diresmikan pada 24 September 1988 yang diresmikan oleh Mendikbud yang masih dijabat oleh Prof. Dr. Fuad Hasan. Peresmian museum tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Aksara Internasional yang dipusatkan di PKOR Way Halim.

Benda-benda yang ada di dalam museum meliputi koleksi benda budaya yang mewakili dua kelompok adat yang dominan di Lampung, yakni adat Sai Batin (Pesisir) dan adat Pepadun. Kedua kelompok adat ini masing-masing memiliki kekhasan dalam hal ritual adat dan perangkat atau aksesori adat, seperti kain tradisional khas Lampung, kain tapis. Rangkaian ritual kedua kelompok adat masing-masing ditampilkan berurutan, mulai dari ritual kelahiran, asah gigi menjelang dewasa, pernikahan, hingga ritual kematian.

Selain itu, Museum Lampung juga memiliki koleksi benda-benda bersejarah seperti peninggalan masa Kerajaan Sriwijaya berupa naskah kuno di atas daun lontar, arca, baju besi pengawal kerajaan, pakaian adat berusia puluhan tahun, keramik, perhiasan kuno, dan uang benggol. Dan juga beberapa peninggalan Radin Inten yang merupakan pahlawan Lampung dan keturunannya, seperti senjata dan lainnya.

Foto-foto di Museum Lampung





luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com