Fasilitas Edukatif Planetarium Dengan Simulasi Luar Angkasa


Planetarium berada di Taman Ismail Marzuki, tepatnya beralamat di Jalan Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat.

Pada tahun 1964 di dirikan planetarium di Jakarta. Planetarium merupakan fasilitas edukatif yang berguna untuk mengamati dunia astronomi juga berbagai objek di luar angkasa dengan simulasi.

Planetarium ini di prakarsai oleh presiden pertama Indonesia yaitu presiden Soekarno. kemudian Planetarium tersebut di serahkan kepada Pemerintah DKI Jakarta pada tahun 1969, di dalam ruangan tersebut kita akan dapat menemukan berbagai benda angkasa kita akan mengenal teori-teori terbentuknya Galaxy juga di sertakan dengan pengenalan tokoh-tokoh yang memunculkan teori dan  di berikan ruang yang menyuguhkan foto yang di sertai keterangan dari berbagai bentuk galaxy.

Bukan hanya itu di ruangan tersebut ada pajangan pula baju antariksa yang di gunakan untuk mengarungi angkasa, salah satunya yang di gunakan untuk mendarat di bulan di tambah dengan peralatan lain yang di gunakan dalam pengamatan antariksa juga di pamerkan pula. Planetarium adalah gedung teater guna untuk memperagakan simulasi susunan bintang serta benda-benda langit, di tempat ini penonton bisa belajar banyak tentang pergerakan benda-benda langit pada waktu malam dari berbagai tempat yang ada di bumi serta sejarah alam semesta.

Pertunjukan di Planetarium lebih pada Narasi seperti planetarium dan observatorium, multi media citra ganda, dan teater bintang, observatium ini juga menyediakan peneropongan secara langsung guna melihat fenomena-fenomena seperti gerhana bulan, komet, gerhana matahari. Dengan harga tiket sebesar tujuh ribu rupiah bagi orang dewasa dan tiga ribu limaratus rupiah untuk anak-anak, maka sudah bisa melihat pertunjukan teater bintang dengan durasi satu jam dengan kapasitas sebanyak 320 kursi dalam satu kali pertunjukan.

Khalayaknya di bioskop-bioskop pertunjukan teater bintang di mainkan pada jam-jam tertentu pula dengan catatan waktu sebagai berikut :

Masyarakat Umum
Hari : selasa-jum’at
Jam tayang : 16.30 WIB
Hari : sabtu, minggu
Jam tayang : 10.00,11.30, 13.00, 14.30 WIB.

Rombongan 
hari : selasa, rabu, kamis.
Jam tayang : 09.30, 11.00, 13.30 WIB
Hari : jum’at
Jam tayang : 09.30-13.30 WIB

Di Planetarium tersebut kita akan banyak belajar tentang hal yang belum kita ketahui

Foto-foto di Planetarium Jakarta




luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com