Mengenal Museum Adam Malik


Museum Adam Malik beralamat di Jl. Diponegoro 29, Jakarta Pusat. Sebelum lebih jauh mengenal Museum Adam Malik kita perlu membahas mengenai sosok berkaitan dengan museum ini, yaitu Adam malik merupakan seorang politisi Nasional dan juga jurnalis. Dia lahir pada 1917 di Siantar, seorang Adam Malik ini dikala Proklamasi di Kumandangkan ikut dalam perjuangan bersama grup perjuangan Pemuda Menteng 31,  Adam Malik ini jiga di kenal sebagai salah satu pendiri berita pada era Revolusi dengan B.M.Diah. dia pun pernah ikut bergabung pula dalam partai yang di pimpin oleh Tan Malaka yaitu di partai murba.

Museum Adam Malik
Museum Adam Malik Tempo Dulu
Adam Malik di saat periode Presiden Soekarno, ia pernah di utus oleh Presiden untuk menjadi diplomat dalam tugasnya mengembalikan Irian Barat ke pangkuan NKRI, sebelum itu dia polandia dan unisoviet dengan jabatan sebagai duta besar RI pada tahun 1959. Pada Maret tahun 1966 dia mengabdikan dirinya menjadi menteri Luar Negeri sampai pada maret tahun 1978, dia juga pernah pula menjadi wakil presiden RI, meskipun hanya dalam beberapa tahun sekitar periode 1978 sampai 1983.

Untuk menghargai dan mengenang Jasa seorang adam Malik atas inisiatif ibu Tin Soeharto  mak kediaman seorang diplomat tersebut di jadikan museum dengan nama Museum Adam Malik. Museum ini terletak di kawasan Menteng yang juga di resmikan pada tanggal 5 september 1985 oleh ibu Tin Soeharto sendiri. Disana kita akan menemukan beberapa koleksi mulai dari lukisan, buku-buku, patung, senjata tradisional, alat fotografi, dan benda seni lainnya. Koleksi yang ada ini sebagian besar adalah hadiah dari rekan-rekan sejawat dikala ia menjabat sebagai menteri luar Negeri dan Wakil Presiden RI.

Museum Adam Malik ini termasuk dalam kategori museum yang khusus dikarenakan sifatnya yang personal. Di dalam museum ini yang terdapat di dalamnya biasanya adalah property-properti pribadi saja, dalam pengelolaannya manajemen khusus di tangani oleh yayasan yang di bentuk khusus dan bersifat pribadi. Namun pada tahun 2006 Museum Adam Malik Ini dinyatakan bangkrut akibat kekurangan dana dan sekarang menjadi tempat basis partai perindo.

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com